KOMPONEN ELEKTRONIKA YANG BANYAK DIGUNAKAN PADA OTOMOTIF

Advertisement
KOMPONEN ELEKTRONIKA YANG BANYAK DIGUNAKAN PADA OTOMOTIF - Dunia otomotif sekarang ini sudah maju dengan pesat, kemajuan teknologi dibidang otomotif begitu melesat terbukti dengan bermunculanya kendaraan otomotif yang begitu canggih, hampir semua merk kendaraan mengeluarkan produk terbarunya begitu hebat, semua itu tidak terlepas dari teknologi yang dikembangkan oleh kemampuan otak manusia. Perpaduan anatara teknologi otomotif dan elektronika yang diciptakan pada kendaraan membuat kendaraan bermotor semakin canggih.



Di sini saya akan membahas beberapa komponen elektronika yang banyak digunakan pada otomotif yang membuat mobil performanya menjadi lebih baik.

1. RESISTOR
Resistor berfungsi untuk membatasi arus/menurunkan tegangan yang masuk kedalam rangkainya. Nilai tahanan umumnya ditunjukkan oleh warna-warna yang tertera pada badan resistor atau tertulis pada resistor.

Jenis-jenis resistor diantaranya :

a. Varistor : adalah resistor yang nilai tahananya dapat berubah sesuai dengan perubahan tegangan yang masuk ke dalam resistor.

b. Resistor NTC (Negative Temperatur Coefficient) : Resistor jenis ini nilai tahananya akan mengalami penurunan bila suhu tahanan bertambah tinggi.

c. Resistor PTC (Positive Temperatur Coefficient) : Resistor ini merupakan kebalikan dari resistor NTC.

2. DIODE
Jenis-jenis diode terdiri dari :

a. Diode penyearah : Diode ini dalahj katup listrik satu arah, sehingga sering disebut diode penyearah yang berfungsi untuk menyearahkan arus listrik, dari arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC).

b. Diode Zenner : digunakan sebagai penstabil tegangan

c. LED (Light Emmiting Diode) : LED Akan menghasilkan cahaya bila aliri arus listrik dengan polaritas yang benar. LED banyak digunakan sebagai tampilan digital, lampu sinyal, sebagai lampu indikator.

d. Photodiode : photodiode akan aktif sebagai penghantar bila mendapat cahaya langsung. Phoptodiode banyak digunakan untuk mengukur kuat cahaya dan remote control.

3. KAPASITOR
Berfungsi untuk menyimpan arus lietrik. Pada kondisi tertentu digunakan sebagai penstabil tegangan. Kapasitor dan Resistor (RC) juga dapat digunakan sebagai pengatur/pembangkit frekuensi.

4. TRANSISTOR
Transistor adalah komponen semikonduktor, yaitu mampu berfungsi sebagai insulator atau konduktor, tergantung pada kondisi listrik yang diterimanya. Berdasarkan polaritasnya, transistor ada dua jenis yaitu transistor PNP dan NPN.

5.SCR ( Siloicon Controlled Rectifier )
Sifat SCR adalah bila terminal Gate mendapat arus listrik, maka dari anoda akan mengalir arus ke katoda.Aliran arus ini akan berjalan terus selama aliran tidak terputus.

6. Optocopler
Pada dasarnya optocopter aadalah kombinasi antara LED dan fotocell. Optocopler dapat memutus dan menghubung aliran raus listrik bila celah yang terdapat pada optocopter terbuka dan tertutup. Sifat ini dapat menghgantikan fungsi kontak-poin pada sistim pengapian konvensional.

7. Hal Effect Generator
Hall Effect Generator adalah komponen semikonduktor dan diberi notasi H(Hall). Apabila terjadi pemutusan dan penghubungan medan magnet yang terdapat pada celah Hall, komponen ini akan menghasilkan arus listrik

8. IC ( Integrated Circuit )
Secara umum IC adalah komponen elektronik berbasis semikonduktor. Di dalam IC terdapat beberapa komponen elektronika yang dirangkai dalam satu kesatuan yang dirancang dapat melakukan program tertentu. IC pda otomtif banyak digunakan untuk rangkaian penghapus kaca, prosesor dalam ECU (Electronic Control Unit).

9. TRAFO (Transformator)
Trafo adalah semacam gulungan kawat pada suatu inti besi, berfungsi untuk menurunkan atau menaikan tegangan listrik. Kemampuan menurunkan dan menaikkan tegangan listrik bergantung pada jumlah gulungan kawat dan diameter kawatnya serta jenis inti besi yang dipakai.

10. RELLAY
Rellay pada dasarnya adalah gulungan kawat, yang bberfungsi sebagai elektromagnetik.

Demikianlah beberapa komonen elektronika yang banyak digunakan pada dunia otomotif, semoga bermanfaat.

Advertisement
KOMPONEN ELEKTRONIKA YANG BANYAK DIGUNAKAN PADA OTOMOTIF | Unknown | 5

0 komentar:

Post a Comment