Pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition)

Advertisement
Sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition ) merupakan pengembangan dari sistem pengapian konvensional. Pada sistem ini ditambahkan komponen elektronik sehingga dikenal dengan sebutan sistem pengapian elektronik, dan banyak digunakan pada kendaraan sepeda motor.

Komponen utama Sistem pengapian CDI adalah kumparan pengapian (charging generator), pembangkit pulsa (pulser generator), dan unit pengendali (thyristor/SCR dan kapasitor).  Charging dan pulser generator dipasang pada unit generator motor. Sistem pengapian CDIterbukti lebih menguntungkan dan lebih baik dibanding sistem pengapian konven-sional (menggunakan platina).

Dengan sistem CDI, tegangan pengapian yang dihasilkan lebih besar (sekitar 40 KV) dan stabil sehingga proses pembakaran campuran bensin dan udara bisa berpeluang makin sempurna Dengan demikian, terjadinya endapan karbon pada busi juga bisa dihindari. Selain itu, dengan sistem CDI tidak memerlukan penyetelan seperti penyetelan pada platina. Peran platina telah digantikan oleh oleh thyristor sebagai saklar elektronik dan pulser generator atau “pick-up coil” yang dipasang dekat flywheel generator atau rotor alternator (kadang-kadang pulser generator menyatu sebagai bagian dari komponen dalam piringan stator, kadang-kadang dipasang secara terpisah).

Pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition)
Secara umum beberapa kelebihan sistem pengapian CDI dibandingkan dengan sistem pengapian konvensional adalah antara lain :
1. Tidak memerlukan penyetelan saat pengapian, karena saat pengapian terjadi secara otomatis yang diatur secara elektronik.
2. Lebih stabil, karena tidak ada loncatan bunga api seperti yang terjadi pada breaker point (platina) sistem pengapian konvensional.
3. Mesin mudah distart, karena tidak tergantung pada kondisi platina.
4. Unit CDI dikemas dalam kotak plastik yang dicetak sehingga tahan terhadap air dan goncangan.
5. Pemeliharaan lebih mudah, karena kemungkinan aus pada titik kontak platina tidak ada.
6. Konsumsi bahan bakar lebih hemat, dikarenakan proses pembakaran terjadi lebih sempurna di dalam ruang bakar.

Dilihat dari beberapa keuntungannya maka sepeda motor keluaran terbaru sekarang ini hampir dipastikan menggunakan pengapian CDI.
Advertisement
Pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) | Rohidin Thea | 5

0 komentar:

Post a Comment